Sabtu, 21 Desember 2019

ABG WATER PARK ADANG


ABG WATER PARK PADANG
LOGO ABG WATERPARK 2
ABG Waterpark punya spesifik wisata tirta atau pemandian yang memanjakan pengunjung dengan kolam renang berair jernih untuk segala usia, dilengkapi dengan gazebo atau pondok-pondok yang unik tempat bersantai bersama sebelum dan seusai berenang. Dari sini para orang tua yang tidak ikut berenang bisa menikmati keindahan pergunungan Bukit Barisan yang hijau ditingkah gemerisik air sungai Lubuk Minturun yang mengalir di bawahnya. Di ABG Water Park ini pengunjung disuguhkan lima tempat pemandian. Mulai dari golongan anak-anak hingga orang dewasa. Air di kolam ini sangat bersih karena didatangkan dari bukit-bukit di sekitarnya yang masih alami.
Bagi remaja dan anak-anak bisa menikmati berbagai agam permainan di areal wisata tirta ini. Mulai dari seluncur hingga berenang dengan pelampung. Selain itu juga ada panggung mini buat para pengunjung yang ingi bernyanyi ria dengan orgen tunggal sambil menikmati air, sejuk dan nyamannya alam kelurahan Aia Dingin Batu Gadang, Koto Tangah Padang. Bagi yang inign mandi dan berenang di sungai sebagaimana di pedesaan, para pengunjung bisa turun ke sungai Lubuk Minturun yang berair jernih, dimana disana bisa mandi berkecimpung karena ada seberapa lubuk yang cukup dalam. Sebelum turun ke sungai, para pengunjung juga bisa berselfi ria di taman cantik dan artistic dengan latar belakang relief serta patung kupu-kupu dan sayap bidadari.
Bagi pengunjung yang ingin menginap juga tersedia penginapan yang bisa disewa dengan fasilitas lengkap di depan kolam renang dan di sebelah tangga untuk turun ke sungai. Dimana dari sini pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan hijaunya bukit-bukit di sekitar Aia Dingin Batu Gadang yang asri sambil menghirup aneka minuman dan kudapan yang tersedia di kafe ABG Water Park yang harganya terjangkau untuk semua kalangan. Pengunjung juga bisa santai di pinggir kolam-kolam renang sambil menikmati minuman dan makanan, pengunjung boleh membawa makanan dari luar walau sejumlah kantin atau kafe tersedia di ABG Water Park ini.
Tak perlu harus berkantong tebal untuk bisa menikmati berbagai fasilitas di ABG Water Park ini karena tiket masuknya hanya Rp 25.000,- Bagi yang tidak punya kenderaan pribadi bisa datang dengan kenderaan umum yang cukup banyak dari pusat kota Padang ke Kelurahan Aia dingin Batu Gadang.
Kolam renang ini terletak di ketinggian 1000 M di atas permukaan laut, Lebih kurang 15 km Jarak tempuh dari pusat kota Padang, terletak di atas pemandian Lubuk minturun lewat  jembatan belok kanan lebih kurang 1,5 km sudah sampai di lokasi Kolam Renang ABG lihat sebelah kanan ada spanduk pintu gerbang Kolam Renang ABG  Lubuk Minturun .
Masih ada areal yang luas di lokasi ini, Agar lebih lengkap fasilitas lokasi ABG Waterpark  ini  makin banyak pengunjung di bangun fasilitas baru di beri nama  ABG Camp ( tempat Kemping Pramuka ) dan tempat menginap di alam terbuka atau bumi perkemahan dengan pilihan tenda dome,  permanen dengan kamar mandi dan toilet didalam, atau pondokan permanen. Konsep ABG camp merupakan tempat camping ground yang terletak di tempat strategis,memadukan pemandangan alam bebas, udara yang sejuk serta fasilitas Camping yang nyaman untuk segala usia. Lingkungan yang terjaga dengan asri menjadi salah satu suasana alam yang terbuka hanya satu-satu nya yang ada di Kota Padang Bahkan Sumatera Barat.

Pimpinan, Intruktur dan Pelatih Outbond Exel ABG Water Park Padang lagi diskusi
Prof. Syahrial Bakhtiar saat memberi pengarahan.



Tempat  Selfi ABG Water Park Bersebelahan dengan  Sungai Besar



I.  LATAR BELAKANG PENDIRIAN ABG CAMP PRAMUKA PADANG

Pendidikan Kepramukaan Ekstrakurikuler Wajib Bagi Siswa SD, SMP, SLTA

Dokumen yang berhubungan dengan Pendidikan Kepramukaan dan peraturan terbaru Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik. Diharapkan nilai-nilai dalam sikap dan keterampilan sebagai muatan Kurikulum 2013 dan muatan Pendidikan Kepramukaan dapat bersinergi secara koheren.
Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan Peserta Didik di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar Peserta Didik dapat mengembangkan kepribadian, minat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepramukaan bagi siswa di Satuan Pendidikan adalah Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK). Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Pramuka adalah warga negara Indonesia yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka. Kepramukaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan pramuka.
Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah. Kegiatan Ekstrakurikuler wajib merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik. Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan dalam 3 (tiga) Model meliputi Model Blok, Model Aktualisasi, dan Model Reguler. dan merupakan kegiatan wajib dalam bentuk perkemahan yang dilaksanakan setahun sekali dan diberikan penilaian umum. Model Aktualisasi merupakan kegiatan wajib dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari didalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan secara rutin, terjadwal, dan diberikan penilaian formal. Model Reguler merupakan kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugus depan.
Pengelolaan Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada satuan pendidikan dasar dan menengah merupakan tanggung jawab kepala sekolah dengan pelaksana pembina pramuka. Pembina Pramuka adalah Guru kelas/Guru mata pelajaran yang telah memperoleh sertifikat paling rendah kursus mahir dasar atau Pembina Pramuka yang bukan guru kelas/guru mata pelajaran. Guru kelas/guru mata pelajaran yang melaksanakan tugas tambahan sebagai Pembina Pramuka dihitung sebagai bagian dari pemenuhan beban kerja guru dengan beban kerja paling banyak 2 jam pelajaran per minggu.
Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan kegiatan–kegiatan melalui di lingkungan sekolah (intramural) dan di luar sekolah (ekstramural) sebagai upaya memperkuat proses pembentukan karakter bangsa yang berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai dan moral Pancasila. Pendidikan Kepramukaan dinilai sangat penting. Melalui pendidikan kepramukaan akan timbul rasa memiliki, saling tolong menolong, mencintai tanah air dan mencintai alam. Karenanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan setiap sekolah melaksanakan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan.
Dikota Padang tempat kemah pramuka yang permanen, nyaman, aman, hanya ada 3 tempat, sedangankan sekolah dipadang mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, sangat banyak semua sekolah itu wajib melakuan kemping Pramuka setiap tahun , banyak dari sekolah itu yang melakukan kemping di luar kota Padang, sehingga membuat biaya kegiatan jadi mahal, jumlah sekonah SD negeri 348 SD Swasta 74 jumlah 422 Sekolah Dasar, sekolah SMP di Padang  SMP Negri 50, SMP Swata  68  jumlah  118 Sekolah Menengah Pertama , sekolah SMA, SMA Negeri 20, sekolah SMA swasta 50  jumlah 70 Sekolah Menengah Atas. Sekolah SMK, SMK negeri 14 sekolah SMK swasta  28 sekolah  jumlah 42 Sekolah Menengah Kejuruan total semua sekolah yang ada di kota Padang di Padang  652 sekolah setiap sekolah membutuhkan tempat kemah yang nyaman, bersih aman, menyenangkan.


JUMLAH DATA SATUAN PENDIDIKAN ( SEKOLAH) kota Padang sumber Diknas.

No.
KECAMATAN



SMK
TOTAL
N
S
JML
N
S
JML
N
S
JML
N
S
JML

TOTAL
348
74
422

50
68
118

20
50
70

14
28
42
652
1
18
0
18

4
0
4

1
1
2

0
0
0
24
2
21
3
24

3
5
8

1
1
2

0
1
1
35
3
39
2
41

5
2
7

1
2
3

3
1
4
55
4
34
4
38

2
7
9

1
6
7

0
3
3
57
5
34
17
51

5
8
13

1
7
8

2
6
8
80
6
24
11
35

5
11
16

1
11
12

3
5
8
71
7
24
11
35

4
7
11

3
5
8

1
6
7
61
8
20
7
27

3
4
7

1
3
4

0
1
1
39
9
54
6
60

7
7
14

4
3
7

2
3
5
86
10
21
4
25

2
5
7

2
3
5

1
0
1
38
11
59
9
68

10
12
22

4
8
12

2
2
4
106

     II. PERMASALAHAN
a)    Kurang nya Tempat Berkemah Pramuka Yang Permanen di Kota Padang
b)   Berpatokan banyak sekolah di atas sepantas nya di buka ABG Camp pramuka Padang

Ada beberpa perkemahan pramuka yang membutuhkan tempat :

1      1. Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan Perkemahan Kamis Jumat (Perkajum)

Seperti namanya, persami dan perkajum yang berlangsung selama 2 hari 1 malam ini masuk dalam kelompok perkemahan berdasarkan waktu pelaksanaan. Jenis perkemahan ini biasanya banyak digelar oleh anggota pramuka tingkat siaga hingga penggalang, dalam satu sekolah. Kegiatan maupun acara yang disusun dalam persami dan perkajum juga disesuaikan dengan tingkatan para anggota. Persami dan Perkajum juga sering dilakukan untuk agenda pelantikan atau kenaikan tingkat anggota dengan berbagai kegiatan yang menguji fisik dan mental para pesertanya. Jenis perkemahan ini bisa dilakukan di dalam atau di luar lingkungan sekolah.
2.      Perkemahan Lomba
Perkemahan yang diikuti oleh anggota pramuka mulai dari tingkat penggalang atau usia SMP keatas ini, terbagi berdasarkan tingkat penyelenggaraan yakni tingkat gugus depan (antar sekolah), tingkat kwartir ranting (kecamatan), kwartir cabang (kabupaten/kota), kwartir daerah (provinsi), hingga kwartir nasional. Perkemahan lomba diisi oleh berbagai materi perlombaan seperti ketangkasan, keterampilan, patriotisme, pengetahuan kepramukaan serta seni budaya. Pada setiap kegiatan lomba akan diambil beberapa regu putera dan regu puteri untuk diseleksi guna menyandang gelar juara 1, 2 dan 3 serta juara umum.

3      2. Perkemahan Jambore
Jambore adalah pertemuan Pramukan Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka mulai tingkat paling ranting sampai tingkat nasional. Bahkan di dunia pun juga diselenggarakan kegiatan serupa yang disebut Jambore Dunia (World Scout Jamboree). Sejak penyelenggaraan pertama di Inggris pada tahun 1920 hingga sekarang, sudah berlangsung 23 kali Jambore dunia.

Perkemahan Jambore Nasional

Dari ketiga jenis perkemahan diatas, yang jumlah pesertanya sangat banyak adalah perkemahan lomba dan perkemahan jambore sehingga tempat penyelenggaraan perkemahan biasanya mengambil lokasi di Bumi Perkemahan, atau tempat wisata yang memiliki area luas. Sebagai lokasi yang memang diperuntukkan bagi kegiatan camping, bumi perkemahan sudah pasti memiliki sarana dan prasarana penunjang kegiatan. Ada juga tempat wisata yang menyediakan area perkemahan atau camping ground dengan fasilitas lengkap sehingga peserta tidak perlu direpotkan dengan memasak makanan dan minuman sendiri. ABG camp bisa memfasilitasi kegiatan perkemahan Pramuka baik Persami, Perkajum, Perkemahan Lomba dan Jambore. Para peserta dapat lebih fokus dengan seluruh kegiatan meski tetap bisa melatih kemandirian, disiplin, solidaritas dan interaksi dengan sesama serta lingkungan sekitar.

Cotoh Denah Lokasi Perkemahan Pramuka 

Denah Lokasi Perkemahan 2017

Melalui kegiatan perkemahan, Pramuka dapat menjadi organisasi kepemudaan untuk mencetak generasi yang cerdas, terampil dan berkarakter. Sebab hanya kepada generasi muda lah negeri ini menggantungkan harapan akan kemajuannya di masa depan. Ada dua kegiatan yang sering di lakukan oleh sekolah, setiap akir semester, moment ini harus di tangkap oleh ABG Camp diantara nya:

1.    HOME STAY
            Home stay sering di lakukan oleh kelompok kelas pergi jalan2 ke suatau daerah mengnap 1 sampai 2 malam di tempat rekreasi, kegiatan ini bisa di fasilitasi oleh ABG Camp karna semua kebutuhan yang di ingin kan siwa,siswi ini semua sudah ada.

HOME STAY DARI LUAR KOTA PADANG
Hasil gambar untuk peserta home stay"


Hasil gambar untuk home stay"

2.    STUDY TOUR
            Study Tour sering di lakukan oleh kelompok sekolah ke perguruan tinggi sperti ke UNP, Unand dan perguruan tinggi lain nya di Kota padang, selain kunjungan ke Perguruan tinggi mereka sekalian jalan-jalan dan mneginap di suatu,tempat peluang ini juga bisa di ambil ABG Camp, karna semua fasilitas sudah ada.

BUTUH PENGINAPAN DAN TEMPAT BERMAIN YANG NYAMAN




      III. FASILITAS LAIN YANG BISA DI KEMBANGKAN ABG CAMP

ABG CAMP sebagai tempat wisata Edukasi di alam terbuka sebagai Program ekstrakurikuler pembelajaran yang menitik-beratkan pada praktek dan pengalaman nyata. Pengalaman luas kami dalam menyelenggarakan camping edukasi dan outbound camping mampu mendorong siswa-siswi untuk lebih baik lewat kegiatan-kegiatan pengembangan karakterserta kerjasama tim. Banyak sekolah untuk menggelar kegiatan-kegiatan Camping edukasi dengan menanamkan pengembangan karakter dan kerjasama tim pada setiap kegiatan camping yang disesuaikan dengan pesertanya.
Program yang sering di lakukan Sekolah Program  Ekstrakurikuler diantara nya :

 1. Latihan Kepemimpinan LKDS 

Adapun tujuan diadakannya LDKS ini adalah :
1. Meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan.
2. Meningkatkan kemampuan berorganisasi dan mampu menjadi pemimpin yang bertanggung jawab.
3. Meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugasnya.
4. Memberikan kesempatan belajar bagi peserta Latihan Dasar Kepemimpinan bagaimana menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan memiliki moral yang baik.
5. Mendorong, membimbing serta mengarahkan potensi kepemimpinan.
6. Memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun dan disiplin.

Istruktur dan peserta Latihan Kepemimpinan LKDS

Hasil gambar untuk sma semen padang"

Hasil gambar untuk sma semen padang"
2.     
      
2. Kemping PramukaTingkat Sumbar

Kemah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMA melalui Kepramukaan (KEPAK) . KEPAK diselenggarakan Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud bekerja sama dengan Kwartir Daerah (Kwarda Sumbar) Para peserta KEPAK juga diajak untuk mengikuti lima jenis permainan di ABG CAMP. Kelima permainan itu yakni Pancasila, Titian Religi, Meraih Bintang, Roda Perjuangan, dan Segitia. Semua permainan tersebut mengajarkan mereka tentang arti kebersamaan.

Camping Pramuka Tingkat SUMBAR 

Hasil gambar untuk pramuka sma semen padang"


3        3. Camping Edukatif untuk sekolah
Apakah CAMPING EDUKATIF itu? Camping Edukatif adalah camping yang dipakai untuk sarana pelatihan mental karakter serta jiwa kepemimpinan. Seluruh kegiatan camping berdasarkan pada run down yang sudah direncanakan untuk maksud pelatihan itu. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta didik mempunyai prinsip hidup bahwa rutinitas hidup kita setiap hari adalah belajar dan berkarya, untuk menyongsong hidup yang penuh manfaat.

BELAJAR BERKEBUN 
Hasil gambar untuk pramuka sma semen padang"

PRAMUKA BELAJAR MEMASAK NASI GORENG
Hasil gambar untuk pramuka memasak nasi"


Metode pendidikan dengan mengombinasikan antara materi pelajaran dengan praktek nyata Metode Conceptual Teaching and Learning (CTL) atau pendekatan kontekstual yang diharapkan dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai keluarga serta masyarakat. Tujuannya adalah mempersiapkan proyeksi pendidikan abad 21 sebagai bekal bagi generasi di masa depan. Pendidikan alam terbuka dan pembelajaran yangmenitik-beratkan pada praktek dan pengalaman nyata seperti Outbond.
Kegiatan outbound merupakan proses belajar yang diperoleh melalui permainan yang menstimulasi kegiatan petualangan dan kerja sama tim dalam lingkungan alam. Ini merupakan kesempatan untuk melampaui batas-batas fisik, intelektual dan emosional, sehingga dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk belajar dan berperilaku lebih baik.

PERMAINAN PRAMUKA

Hasil gambar untuk permainan pramuka"
4.       
          4. Pelatihan Membangun Kualitas SDM
Pembentukan karakter melelalui wahana petualangan keberanian dan fokus akan membentuk SDM berkualitas. Setiap peserta dilengkapi dengan standar keamanan–full body harness, membuat setiap peserta lebih aman dan nyaman, kegiatan ini sudah di laksanakan oleh ABG Waterpack untuk Guru-guru Penjas SMA/MA Kota Padang dan Mahasiswa UNP.

PESERTA OUTBOND EXEL GURU PENJAS SMA SE KOTA PADANG 



Kegiatan outbound yang disesuaikan dengan kategori peserta Mulai dari anak-anak sampai remaja pada semua tingkatan sekolah, dapat mengikuti banyak pilihan kegiatan outbound yang disesuaikan. Pengalaman luas kami dalam menggelar banyak kegiatan outbound akan membantu anda disetiap tahap acara, jadi anda bisa lebih fokus pada hasil dan ikut bersenang-senang.


MATERI OUTBOND EXEL UNTUK   SDM KREATIF

Hasil gambar untuk Outbound Excel abg waterpark"


5      5. Pelatihan Pengelolaan sampah.
1.    Memperkenalkan dan memberikan pelatihan pengolahan sampah untuk pelestarian lingkungan hidup

FOTO PEGOLAHAN SAMPAH

Hasil gambar untuk belajar mengolah samapah"

Membangun kesadaran
Penanganan sampah telah menjadi perhatian serius pemerintah sehingga perlu untuk mendorong kesadaran masyarakat mengatasi berbagai permasalahannya. Seperti kondisi darurat sampah plastik yang bisa mengancam lingkungan global.

PENGOLAHAN SAMPAH

Hasil gambar untuk belajar mengolah samapah"

Pengolahan kompos organik

Praktek pengolahan sampah
Program pengenalan dan pelatihan pengolahan sampah serta pemanfaatan kembali dilakukan melalui beberapa tahapan. Dengan fasilitas yang tersedia, sampah kertas, plastik atau sisa makanan diolah kembali untuk diproses menjadi bahan baku sebuah karya seni atau pupuk organik.

6.     Pelatihan Agro Wisata
Mengenal cara mengolah sawah serta berbagai tanaman buah dan sayuran melalui kegiatan menyenangkan untuk anak-anak dan remaja.
a. Pengenalan bibit padi
Padi merupakan jenis tanaman pangan yang mempunyai peran penting sebagai tanaman pangan dunia. Padi sebagai penghasil beras ini tergolong dalam jenis tanaman rumput-rumputan (Poaceae). Semakin meningkatnya permintaan beras membuat begitu penting peran budidaya padi, terutama di Indonesia.
b. Agro Apotek Hidup
Kami menyadari pentingnya agrokultur untuk kehidupan, dan bagian dari dedikasi kami pada sektor ini adalah memastikan bahwa kegiatan Pelatihan Agro Apotek Hidup di Citra Alam dapat diakses oleh para siswa.
c. Pengenalan tanaman herbal
Agro Sayur
Belajar dan mengenal proses menanam sayuran mulai dari penggarapan lahan sampi dengan cara memanen yang baik dan benar. Mengingat banyaknya jenis tamanan sayur mayur yang terdapat di Indonesia dengan banyaknya kandungan gizi dan vitamin bagi kesehatan tubuh.
BELAJAR MENANAM PADI 
Hasil gambar untuk belajar menanam padi"

BELAJAR MENANAM SAYUR

Hasil gambar untuk belajar menanam SAYUR"


67. Penyelenggaraan outbound perusahaan  sudah ada Uotbond EXEL ABG.
Lewat kegiatan-kegiatan pengembangan karakter dan kerjasama tim anda bisa menciptakan peluang unik untuk setiap personal disetiap levelnya. Pengalaman 10 tahun dalam menggelar kegiatan outbound, outing, family gathering, team building, camping untuk banyak organisasi perusahaan, umum dan komunitas mampu mendorong organisasi anda untuk lebih baik.
a. Outbound Team Building
Bermacam permainan berkelompok yang dapat melatih kemampuan menyusun strategi, kerjasama dan soliditas tim untuk mencapai tujuan. Istruktur profesional dan berpengalaman akan memandu setiap permainan dengan goal yang dinginkan
b. Outbound Leadership.
Simulasi permainan yang dirancang untuk memberikan pelajaran bagaimana seorang individu sebagai pemimpin dalam mempengaruhi dan mengarahkan serta memotivasi orang untuk mencapai tujuan.
Misi Kegiatan :
• Merencanakan pencapaian tujuan
• Membagi Tugas & Koordinasi
• Mampu memotivasi orang

AUTBOND EXEL MEMBANGUN MOTIVASI  PENGEMBANGAN PERUSAHAAN

Hasil gambar untuk Outbound Excel abg waterpark"



INSTRUKTUR Nara Sumber Internasional dari Singapore Shahril AJ Vidio Materi OUTBOND 




  8. Reunian
Reunin lagi tren sekarang mulai dari Reuni SD, SMP, SMA, Perguruan tinggi, Pensiunan,                    Pengajian Komunitas dan lain-lain.
Untuk lebih jelasnya, berikut alasan yang bisa dijadikan acuan agar reuni sehat, positif dan bermanfaat :
1. Menjalin kembali tali silaturrahim dan saling bertukar informasi, karena kita sudah tidak pernah atau jarang ketemu lagi.
2. Mengenang masa lalu yang sehat dan positif, karena ini terapi hati dan pikiran yang positif. Bisa terbebas dari sakit, makin rileks dan bikin ketawa.
3. Mengembalikan eksistensi dan kembali belajar, karena tiap orang punya eksistensi dan potensi dalam diri. Kita bisa belajar dari teman, dari pertemanan yang sebegitu lama.
4. Memperpanjang usia, karena kita bisa mengurangi stres atau depresi. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang banyak dikelilingi teman dan saudara, kemungkinan meninggalnya berkurang 50 persen dibandingkan mereka yang tidak memiliki kehidupan sosial.
5. Bekerjasama untuk amal, karena menjadi tujuan yang sangat positif dari pertemanan. Amal dan berbuat untuk sesama inilah tujuan utama reuni atau..

REUNIAN  SMA

Hasil gambar untuk Reunian"


6           9. Family Gathering
1.Melakukan banyak kesenangan bersama
2. Family Gathering dan outing kantor dengan aktifitas yang mempererat keluarga dan karyawan serta banyak permainan yang menyenangkan untuk perdalam hubungan menjadi pengalaman yang seru.
3. Momen Bersama
Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, salah satu fokus utamanya adalah untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan karyawan dan keluarga, melakukan banyak kesenangan bersama dimana banyak orang bisa berpartisipasi secara bersamaan untuk menyegarkan pikiran, emosi dan membangun hubungan.
4. Membangun Semangat Kerja
Melalui program family gathering ini dapat membangun kembali semangat bekerja para karyawan setelah melakukan kegiatan rangkaian aktivitas gathering. Hal ini sudah terbukti, bahwa karyawan yang setelah melakukan kegiatan gathering efektivitas kinerjanya akan membaik.

FAMILY GATERING PERUSAHAAN

Hasil gambar untuk Family gatering"


10. Kegiatan Rohani
1. Macam kegiatan rohani
2. Menggelar kegiatan rohani di alam terbuka bisa menjadi sarana yang tepat untuk mendekatkan diri pada Tuhan.
ABG Camp memfasilitasi berbagai kegiatan rohani seperti : Kemah Nasional lintas Agama, Kemah Religi,Kemah rohani, dan lain-lain dengan fasilitas memadai disetiap kegiatannya.

KEMAH PEMUDA LINTAS AGAMA


Hasil gambar untuk Kemah keagamaan"


KEMAH SALING MENGENAL SATU SAMA LAIN
Hasil gambar untuk Kemah keagamaan"


Jenis kegiatan

Pilih dari banyak kegiatan di ABG Camp atau rancang acara anda sendiri, dukungan tim profesional akan membantu agar acara anda berjalan sukses.

Aula & soundsystem
Gunakan Aula Besar kami untuk apapun kegiatan anda lengkap dengan dukungan audio soundsystem, proyektor, lighting, dan banyak lagi peralatan dan perlengkapan untuk mendukung kegiatan anda.

8        11. Program Manasik Haji
Memahami setiap tahapan ibadah haji lewat pelatihan manasik untuk pelajar dan umum. Tata cara Manasik Haji Program manasik haji hadir sebagai sarana bagi setiap muslim baik yang telah menjadi calon jemaah haji atau pun yang belum agar dapat memahami prosesi ritual, hakekat dan makna mendalam dari ibadah haji. Para peserta yang mengikuti wisata religi ini akan mengetahui lebih dalam tetang tata cara ibadah haji, tata cara ibadah umroh serta me

PERKENALAN LATIHAN MANASIK HAJI UNTUK ANAK SEKOLAH

Hasil gambar untuk manasik haji"

MANASIK HAJI UNTUK UMUM 

Hasil gambar untuk manasik haji"


9   12. Workshop kebangsaan
Sebagai bentuk kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia, ABG Camp memperkenalkan tentang Workshop Kebangsaan adalah program Nation Character Building berbasis sejarah kejadian Indoesia, melalui Workshop Kebangsaan para peserta mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, Universitas, Perusahaan, Komunitas, Majelis taklim, Sekolah dan Umum.

Tujuan Workshop Kebangsaan
Hal ini dilakukan agar kita sebagai para penerus bangsa lebih memahami tentang sejarah berdirinya negara Indonesia, ini lah salah satu bentuk realisasi mencintai tanah air dan memotivasi para penerus bangsa untuk membangun bangsa Indonesia lebih maju dan menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan sehingga kemakmuran dapat dicapai dan penerus bangsa lebih menghargai arti kemerdekaan bangsa ini secara utuh dan menghargai jasa-jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

PESERTA WORSHOP KEBANGSAAN 
Hasil gambar untuk WORKSHOOP KEBANGSAAN"

PELAKSANAAN WORKSHOP KEBANGSAAN

Hasil gambar untuk workshop kebangsaan"

Durasi penyampaian
Workshop Kebangsaan dengan durasi 120 menit ini disampaikan oleh 2 orang pemateri. Acara ini sarat dengan pelajaran dan nilai-nilai yang dikemas secara menyenangkan dengan selingan lagu-lagu kebangsaan yang dibawakan oleh Team Seni dan juga disertai video-video singkat yang memudahkan pemahaman peserta.

           IV. PEMBAHASAN MASALAH

1.      Di bangun ABG Camp , tempat kemping pramuka, lengkap dengan kebutuhan kemping Pramuka terutama nyaman, aman, bersih  di bangun sekitaran di lokasi  ABG Waterpark Lubuk Minturun, lokasi sangat strategis.
2.      Di bangun ruang pertemuan yang bisa di maanfaatkan untuk pertemuan, seminar dll
3.      Di bangun fasiltas untuk Outbond dan kegiatan permainan, perlatan bermain anak-anak.
4.      Promosi / Pemasaran harus  ada team yang solit, berkembang dan maju nya suatu usaha sangat tergantung pada team promosi dan pemasaran, biaya pemasaran/ promosi suatu perusahaan 35 persen dari modal usaha, dengan pemasaran/  promosi yang genjar maka suatu usaha itu cepat berkembang, maju dan berhasil.

Beberapa hal yang harus di lakukan olah team promosi / pemasaran suatu perusahaan :

1. Bangun interaksi bermakna dengan pelanggan
Media sosial (medsos) tidak diragukan lagi menjadi senjata yang sangat strategis untuk kampanye pemasaran digital. Platform berbasis visual seperti Instagram, Line, Facebook, Twiter, Whatshap, Telegram, Google Bisnis, Website, Blog bisa menjadi inspirasi bagi para pengguna untuk menentukan tujuan Kemping, berlibur , pertemuan dan acara seremonial lainya, di Indonesia sendiri penetrasi ke medsos per Januari 2019 mencapai 150 juta pengguna aktif. Ini adalah prospek menjanjikan bagi kalangan bisnis yang memiliki core bisnis di dunia digital. Karena itu, sangat penting bagi ABG Camp untuk menjadikan medsos sebagai salah satu saluran utama pemasaran.
Untuk membangun sebuah interaksi yang berarti dengan pengguna medsos, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Misalnya dengan bertanya dan polling melalui IG Stories atau merespon pertanyaan pengguna dengan bahasa yang fleksibel. Bisa juga dengan menawarkan konten atau rekomendasi khusus mengenai tempat-tempat, Kemping, Rekreasi, menginap yang sedang menawarkan promo.
Merespons satu per satu pertanyaan pengguna tugas pemasaran yang sangat penting. Namun, dari sisi pengguna, pendekatan seperti ini adalah sesuatu yang membuat mereka merasa dihargai secara khusus. Terlebih lagi jika mereka sedang berada dalam kebingungan dalam memilih tujuan  kemping, menginap dan berlibur.
Setiap interaksi adalah peluang untuk menjadikan visitor (pengunjung) menjadi customer (pelanggan). Jika mereka dilayani selayaknya tamu yang dirindukan, perlakuan seperti inilah yang bisa membuat pelanggan menjadi loyal.
2. Micro-Moment
Seseorang tidak tiba-tiba saja memutuskan berlibur ke suatu tempat, kemping, berlibur, wisata. Biasanya, dia akan menghabiskan waktu dan kuotanya untuk riset terlebih dahulu. Mulai dari mencari referensi tempat kemping, menginap seperti hotel atau komparasi harga yang sesuai dengan anggaran yang direncanakan nyakemping, menginap dan  berliburnya. Menyadari tahapan-tahapan ini bisa sangat berguna untuk strategi pemasaran. Google merinci tahapan-tahapan yang disebut dengan micro-moments ini ke dalam empat bagian:
a. Membayangkan (dreaming)
Ini adalah tahapan ketika seseorang membayangkan tempat-tempat indah, menarik, nyaman, aman yang ingin dikunjungi. Namun, dia belum memiliki tujuan spesifik. Biasanya orang-orang yang masih ada dalam tahapan ini akan sangat terbuka dengan semua kemungkinan dan membutuhkan inspirasi, kemping, menginap berliburnya.
b. Merencanakan (planning)
Setelah menemukan destinasi, tempat kemping, berlibur dan wisata, hal selanjutnya adalah merencanakan berbagai kebutuhan. Mulai dari jarak tempuh, jarak dari kota, transportasi, penginapan hotel, tanggal keberangkatan dan kepulangan yang tepat, promo tiket, hingga rangkaian kegiatan yang bisa dilakukan selama berlibur.
c. Memesan (booking)
Jika semua perencanaan sudah matang, langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah memesan. Di tahapan ini orang-orang yang ingin, kemping, wisata, acara kelompok reunian, berlibur, pada dasarnya sudah menjadi konsumen kita. Sudah ada aktivitas transaksi di sini.
d. Merasakan (experiencing)
Ini adalah tahapan ketika, pemesan tempat kemping, berlibur atau wisatawan merasakan langsung apa yang sebelumnya dia bayangkan lalu membagikan pengalamannya ke medsos. Terkadang, bisa saja mereka melakukan aktivitas-aktivitas di luar yang telah direncanakan. Namun, poin terpenting di sini adalah, bila pengalaman yang didapatkan sangat berkesan, mereka bisa kembali lagi untuk melakukan transaksi berikutnya. Marketers mesti jeli dalam memanfaatkan setiap tahapan-tahapan micro-moments tersebut.
Karena para calon pemesan tempat kemping, berlibur atau  wisatawan membutuhkan referensi yang relevan untuk membuat impian berlibur mereka menjadi konkret.
Misalnya pada tahapan “membayangkan”. Biasanya di tahapan ini para calon pemesan tempat kemping, berlibur atau wisatawan akan mencari-cari inspirasi dengan mengunjungi berbagai situs jasa pelayanan kemping atau situs travel wisata. Dengan menggunakan perangkat analitik, perilaku ‘mencari inspirasi’ seperti ini tentu bisa dengan mudah teridentifikasi.
Selanjutnya, bila para calon pemesan tempat kemping, berlibur atau  wisatawan ini adalah member layanan Kita atau memutuskan bergabung untuk menerima newsletter, buatlah newletter rutin. Newsletter ini bisa berisi panduan berlibur yang di dalamnya mencakup berbagai informasi mulai dari faslitas kemping, penginapan,  hotel, restoran, tempat bersantai dan fasiltas penunjang lain nya, yang semuanya terintegrasi dengan aplikasi Web ABG Camp. Dalam bahasa populer, cara seperti ini adalah tentang bagaimana menarget pengguna yang tepat di waktu yang tepat.

3. Mengetahui waktu dan perangkat yang digunakan
Ide untuk kemping, home stay, study tour, wisata religi, reunian  berlibur, pelatihan karyawan dan kegiatan lain nya bisa datang kapan saja dan di mana saja. Bisa saja ide itu datang ketika seseorang berada di perjalanan pulang, kafe, rumah, atau ketika sedang di tengah padatnya aktivitas kerja. Tentu di setiap waktu dan tempat itu perangkat yang digunakan bisa berbeda. Contohnya, ketika di perjalanan orang-orang akan lebih memilih smartphone untuk browsing ketimbang repot-repot mengeluarkan laptop dari dalam tasnya.
Jika mengacu ke fase-fase micro-moments di atas, ada momen-momen di mana seseorang hanya mengumpulkan referensi kemping, wisata religi, reunian  berlibur. Biasanya ini lebih fleksibel. Bisa dilakukan di kondisi yang dinamis seperti di perjalanan, hang out, break kerja, dan sangat memungkingkan dilakukan dengan menggunakan smartphone atau tablet. Namun, ketika masuk fase order atau memesan kebutuhan berlibur, biasanya dibutuhkan waktu yang lebih settle seperti di rumah dan menggunakan perangkat yang mampu memberi tampilan lebih jelas seperti Komputer laptop.
Ketika Kita memahami perilaku pengguna dengan perangkatnya, maka Anda akan mengetahui strategi dan konten apa yang paling tepat untuk setiap fase yang mereka lalui. Misalnya, konten yang dibuat untuk menarik pengunjung pada fase dreaming dan planning bisa sangat efektif jika dimaksimalkan untuk pengguna smartphone. Sementara itu penawaran spesial seperti promo dan diskon bisa lebih menarik ketika, lansung di surati atau lansung mengunjungi, ekolah, kantor, instansi, kelompok masyarakat, kelompok alumni, dan reunian, pertemuan lansung ini akan lebih meyakinkan kan konsumen, tentang apa yang kiat tawarkan kepada mereka.
4. Video Youtube ˚
Saat ini teknologi bisa memungkinkan seseorang mengalami sensasi ‘berwisata’ bahkan sebelum dirinya benar-benar mengunjungi tempat wisata yang ingin dituju. Berbagai terobosan digital dalam bentuk visual interaktif bisa dimanfaatkan untuk menarik para calon wisatawan. Misalnya dengan video berkualitas HD yang memungkinkan seseorang menikmati sensasi melihat tempat wisata yang ingin dituju, bahkan hingga ke kamar hotel yang nyaman.
Ini tentu jauh lebih menarik dan memberikan pengalaman yang menggugah ketimbang hanya melihat foto statis sekalipun ditampilkan dalam jumlah banyak.
ABG Camp, membuat vidio, semua fasitas yang ditawarkan ke konsumen kemping, wisata,seminar, acara reunian dan vidio di opload ke Youtube. Setiap konsumen pemesan semua kegiatan mereka atas izin mereka acara nya di vidiokan, ini sebagai referensi bagi mereka dan promosi gratis bagi ABG Camp.
Membuat video seperti ini memang membutuhkan biaya produksi, ini semua di masukkan ke biaya promosi perusahaan. Namun, investasinya tidak hanya berputar pada pertimbangan profit, namun juga prestise.

V. PENUTUP

             KESIMPULAN
Untuk mencapai tujuan utama dari ABG Camp adalah pengunjung banyak dan akan kembali lagi ke ABG Camp melakukan kegiatan, ini di butuh kan team Promosi yang solit, ahli di bidang promosi, berpengalaman di bidang Marketing, mempunayai semangat pantang menyerah, mempunayi ide-ide cemerlang, penampilan yang meyakinkan. Untuk mencai itu semua sesuai aturan perusahaan biaya pemasaran / promosi suatu perusahaan, adalah 35 persen dari biaya modal usaha, biaya pemasaran dan promosi ini di oke kan oleh Pimpinan atau Manager ABG Waterpark kami yakin bahwa usaha ini kan maju dan bekembang pesat. Penulis mempunyai team pemasaran dan promosi, tidak perlu biaya promosi 35 persen dari modal usaha tidak perlu di gaji tetap cukup di beri fee 35 persen dari jumlah total biaya yang di bayar oleh konsumen yang kami rekomendasikan memakai fasilitas ABG Waterpark dan ABG Camp, sesuai aturan perusahaan maka ABG Waterpark dan ABG Camp. Contoh transaksi yang terjadi misal nya total  Rp.1000.000,- biaya promosi di keluarkan Rp 350.000,-,biaya promosi yangdi dapat oleh team pemasaran dan promosi hanya biaya promosi yang di rekomendasikan saja sesuai laporan pemasaran dan promosi setiap bulan.       
Biaya pemasaran dan promosi ini sudah mencakup pemasaran dan promosi kesemua media sosial, surat-menyurat mendatangi konsumen lansung ke sekolah, ke perguruan tinggi, ke kantor-kantor swasta, pemerintah, travel agen, organiassi masa, organisai agama, organisasi pemuda, reunian, menyurati semua guru oalahraga yang berada luar kota Padang, luar Sumbar, bahkan luar pulau sumatera dan lain-lain. Biaya pemasaran dan promosi ini permanen di dapat oleh team promosi, apabila pelanggan yang sama memboking lagi tempat untuk masa berikut nya, team pemasaran dan promosi tetap mendapat baiaya promosi dari ABG Waterpark sesuai perjanjian kerjasama, perjanjian ini sifatnya permanen selama ABG Waterpark dan ABG camp eksis. Team pemasan dan promosi akan melaporkan setiap bulan ke pada Manager ABG Waterpark, kemana saja kegiatan promosi dilakukan setiap bulan nya.Team promosi akan bekerja apabila perjanjian kerja sama ini di sepakati antara ABG Waterpark dengan Team Promosi.

SARAN-SARAN
Segera di bangun ABG Camp untuk kemping Pramuka di area  ABG Waterpark, Padang dengan ada nya ABG Camp yang permanen fasiltas lengkap, banyak peserta kemping yang datang dari dalam kota Padang maupun luar kota Padang , yang dari Kota Padang maupun luar kota padang pasti orang tua peserta kegiatan,  mereka akan datang melihat anak mereka, melakukan kegiatan di ABG Waterpark atau ABG Camp, mereka pasti melihat fasiltas lengkap, strategis, nyaman, mereka pasti beminat menginap di lokasi  ABG Waterpark, pulang ke daerah nya nanti mereka akan bercerita dikantor atau daerah nya mereka tinggal, ini merupakan promosi gratis bagi ABG Waterpark, puas nya mereka dengan fasitas yang ada di ABG Waterpark mereka akan kembalai ke ABG Waterpark melakukan kegiatan membawa keluarga, murid, teman kantor mereka. Akir nya semua fasilitas yang ada di  ABG Waterpark , seperti Kolam renang, Penginapan,  Tempat pelatihan Motivasi, dan tempat bermain lainya ramai di kunjungi dan di minati Konsumen. Banyak nya peserta kemping dan orang tua datang ke lokasi ABG Waterpark dan ABG Camp keuntungan sudah pasti di raih.
Demikaian Makalah ini saya sampaikan kepada Pimpinan dan Manager ABG Waterpark, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa menjadi salah satu referensi untuk kemajuan ABG Waterpark, dan kita bisa melakukan kerjasama dalam hal pemasaran dan promosi, ABG Waterpark dan ABG Camp. 
Mohon maaf  Kami sampaikan kepada Pimpinan dan Manager ABG Waterpark Padang, temana-teman dan pembaca makalah ini salah dan janggal nya isi makalah yang Kami sampaikan.

Wassalam Saya


DRS. YANSURDIN
Penulis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATIHAN FISIK PEMAIN SEPAKBOLA