ABG WATER PARK PADANG


ABG Waterpark punya spesifik wisata tirta atau pemandian yang memanjakan
pengunjung dengan kolam renang berair jernih untuk segala usia, dilengkapi
dengan gazebo atau pondok-pondok yang unik tempat bersantai bersama sebelum dan
seusai berenang. Dari sini para orang tua yang tidak ikut berenang bisa
menikmati keindahan pergunungan Bukit Barisan yang hijau ditingkah gemerisik
air sungai Lubuk Minturun yang mengalir di bawahnya. Di ABG Water Park ini pengunjung
disuguhkan lima tempat pemandian. Mulai dari golongan anak-anak hingga orang
dewasa. Air di kolam ini sangat bersih karena didatangkan dari bukit-bukit di
sekitarnya yang masih alami.
Bagi remaja dan anak-anak bisa menikmati berbagai agam permainan di areal
wisata tirta ini. Mulai dari seluncur hingga berenang dengan pelampung. Selain
itu juga ada panggung mini buat para pengunjung yang ingi bernyanyi ria dengan
orgen tunggal sambil menikmati air, sejuk dan nyamannya alam kelurahan Aia
Dingin Batu Gadang, Koto Tangah Padang. Bagi yang inign mandi dan berenang di
sungai sebagaimana di pedesaan, para pengunjung bisa turun ke sungai Lubuk
Minturun yang berair jernih, dimana disana bisa mandi berkecimpung karena ada
seberapa lubuk yang cukup dalam. Sebelum turun ke sungai, para pengunjung juga
bisa berselfi ria di taman cantik dan artistic dengan latar belakang relief
serta patung kupu-kupu dan sayap bidadari.
Bagi pengunjung yang ingin menginap juga tersedia penginapan yang bisa
disewa dengan fasilitas lengkap di depan kolam renang dan di sebelah tangga
untuk turun ke sungai. Dimana dari sini pengunjung bisa menikmati keindahan
alam dan hijaunya bukit-bukit di sekitar Aia Dingin Batu Gadang yang asri
sambil menghirup aneka minuman dan kudapan yang tersedia di kafe ABG Water Park
yang harganya terjangkau untuk semua kalangan. Pengunjung juga bisa santai di
pinggir kolam-kolam renang sambil menikmati minuman dan makanan, pengunjung
boleh membawa makanan dari luar walau sejumlah kantin atau kafe tersedia di ABG
Water Park ini.
Tak perlu harus berkantong tebal untuk bisa menikmati berbagai fasilitas di
ABG Water Park ini karena tiket masuknya hanya Rp 25.000,- Bagi yang tidak
punya kenderaan pribadi bisa datang dengan kenderaan umum yang cukup banyak
dari pusat kota Padang ke Kelurahan Aia dingin Batu Gadang.
Kolam renang ini terletak di ketinggian 1000 M di atas permukaan laut,
Lebih kurang 15 km Jarak tempuh dari pusat kota Padang, terletak di atas
pemandian Lubuk minturun lewat jembatan
belok kanan lebih kurang 1,5 km sudah sampai di lokasi Kolam Renang ABG lihat
sebelah kanan ada spanduk pintu gerbang Kolam Renang ABG Lubuk Minturun .
Masih ada areal yang luas di lokasi ini, Agar lebih lengkap fasilitas lokasi
ABG Waterpark ini makin banyak pengunjung di bangun fasilitas
baru di beri nama ABG Camp ( tempat
Kemping Pramuka ) dan tempat menginap di alam terbuka atau bumi perkemahan
dengan pilihan tenda dome, permanen
dengan kamar mandi dan toilet didalam, atau pondokan permanen. Konsep ABG camp merupakan
tempat camping ground yang terletak di tempat strategis,memadukan pemandangan
alam bebas, udara yang sejuk serta fasilitas Camping yang nyaman untuk segala
usia. Lingkungan yang terjaga dengan asri menjadi salah satu suasana alam yang
terbuka hanya satu-satu nya yang ada di Kota Padang Bahkan Sumatera Barat.
Pimpinan, Intruktur dan Pelatih Outbond Exel ABG Water Park Padang lagi diskusi

Tempat Selfi ABG Water Park Bersebelahan dengan Sungai Besar

Pimpinan, Intruktur dan Pelatih Outbond Exel ABG Water Park Padang lagi diskusi

Tempat Selfi ABG Water Park Bersebelahan dengan Sungai Besar
I. LATAR BELAKANG PENDIRIAN ABG CAMP
PRAMUKA PADANG
Pendidikan Kepramukaan Ekstrakurikuler
Wajib Bagi Siswa SD, SMP, SLTA
Dokumen yang berhubungan dengan Pendidikan Kepramukaan dan peraturan
terbaru Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang
Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan
Dasar dan Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan
Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pendidikan
Kepramukaan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan,
kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian
pada peserta didik. Diharapkan nilai-nilai dalam sikap dan keterampilan sebagai
muatan Kurikulum 2013 dan muatan Pendidikan Kepramukaan dapat bersinergi secara
koheren.
Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan Peserta Didik di
luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar
Peserta Didik dapat mengembangkan kepribadian, minat, dan kemampuannya di
berbagai bidang di luar bidang akademik. Pendidikan Kepramukaan adalah proses
pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui
penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepramukaan bagi siswa di Satuan
Pendidikan adalah Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah
Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
(SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).
Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk
menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Pramuka adalah warga negara Indonesia
yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta mengamalkan Satya Pramuka dan
Darma Pramuka. Kepramukaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan pramuka.
Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler wajib
pada pendidikan dasar dan menengah. Kegiatan Ekstrakurikuler wajib merupakan
kegiatan ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik. Pendidikan
Kepramukaan dilaksanakan dalam 3 (tiga) Model meliputi Model Blok, Model
Aktualisasi, dan Model Reguler. dan merupakan kegiatan wajib dalam bentuk
perkemahan yang dilaksanakan setahun sekali dan diberikan penilaian umum. Model
Aktualisasi merupakan kegiatan wajib dalam bentuk penerapan sikap dan
keterampilan yang dipelajari didalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan
Kepramukaan secara rutin, terjadwal, dan diberikan penilaian formal. Model
Reguler merupakan kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang
dilaksanakan di Gugus depan.
Pengelolaan Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib
pada satuan pendidikan dasar dan menengah merupakan tanggung jawab kepala
sekolah dengan pelaksana pembina pramuka. Pembina Pramuka adalah Guru
kelas/Guru mata pelajaran yang telah memperoleh sertifikat paling rendah kursus
mahir dasar atau Pembina Pramuka yang bukan guru kelas/guru mata pelajaran.
Guru kelas/guru mata pelajaran yang melaksanakan tugas tambahan sebagai Pembina
Pramuka dihitung sebagai bagian dari pemenuhan beban kerja guru dengan beban
kerja paling banyak 2 jam pelajaran per minggu.
Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan kegiatan–kegiatan melalui di
lingkungan sekolah (intramural) dan di luar sekolah (ekstramural) sebagai upaya
memperkuat proses pembentukan karakter bangsa yang berbudi pekerti luhur sesuai
dengan nilai dan moral Pancasila. Pendidikan Kepramukaan dinilai sangat
penting. Melalui pendidikan kepramukaan akan timbul rasa memiliki, saling
tolong menolong, mencintai tanah air dan mencintai alam. Karenanya Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan setiap sekolah melaksanakan
ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan.
Dikota Padang tempat kemah pramuka yang permanen, nyaman, aman, hanya ada 3
tempat, sedangankan sekolah dipadang mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, sangat
banyak semua sekolah itu wajib melakuan kemping Pramuka setiap tahun , banyak
dari sekolah itu yang melakukan kemping di luar kota Padang, sehingga membuat
biaya kegiatan jadi mahal, jumlah sekonah SD negeri 348 SD Swasta 74 jumlah 422
Sekolah Dasar, sekolah SMP di Padang SMP
Negri 50, SMP Swata 68 jumlah
118 Sekolah Menengah Pertama , sekolah SMA, SMA Negeri 20, sekolah SMA
swasta 50 jumlah 70 Sekolah Menengah
Atas. Sekolah SMK, SMK negeri 14 sekolah SMK swasta 28 sekolah
jumlah 42 Sekolah Menengah Kejuruan total semua sekolah yang ada di kota
Padang di Padang 652 sekolah setiap
sekolah membutuhkan tempat kemah yang nyaman, bersih aman, menyenangkan.
JUMLAH DATA SATUAN PENDIDIKAN ( SEKOLAH) kota Padang sumber Diknas.
No.
|
KECAMATAN
|
SMK
|
TOTAL
|
||||||||||||||
N
|
S
|
JML
|
N
|
S
|
JML
|
N
|
S
|
JML
|
N
|
S
|
JML
|
||||||
TOTAL
|
348
|
74
|
422
|
50
|
68
|
118
|
20
|
50
|
70
|
14
|
28
|
42
|
652
|
||||
1
|
18
|
0
|
18
|
4
|
0
|
4
|
1
|
1
|
2
|
0
|
0
|
0
|
24
|
||||
2
|
21
|
3
|
24
|
3
|
5
|
8
|
1
|
1
|
2
|
0
|
1
|
1
|
35
|
||||
3
|
39
|
2
|
41
|
5
|
2
|
7
|
1
|
2
|
3
|
3
|
1
|
4
|
55
|
||||
4
|
34
|
4
|
38
|
2
|
7
|
9
|
1
|
6
|
7
|
0
|
3
|
3
|
57
|
||||
5
|
34
|
17
|
51
|
5
|
8
|
13
|
1
|
7
|
8
|
2
|
6
|
8
|
80
|
||||
6
|
24
|
11
|
35
|
5
|
11
|
16
|
1
|
11
|
12
|
3
|
5
|
8
|
71
|
||||
7
|
24
|
11
|
35
|
4
|
7
|
11
|
3
|
5
|
8
|
1
|
6
|
7
|
61
|
||||
8
|
20
|
7
|
27
|
3
|
4
|
7
|
1
|
3
|
4
|
0
|
1
|
1
|
39
|
||||
9
|
54
|
6
|
60
|
7
|
7
|
14
|
4
|
3
|
7
|
2
|
3
|
5
|
86
|
||||
10
|
21
|
4
|
25
|
2
|
5
|
7
|
2
|
3
|
5
|
1
|
0
|
1
|
38
|
||||
11
|
59
|
9
|
68
|
10
|
12
|
22
|
4
|
8
|
12
|
2
|
2
|
4
|
106
|
II. PERMASALAHAN
a)
Kurang nya Tempat Berkemah Pramuka Yang
Permanen di Kota Padang
b)
Berpatokan banyak sekolah di atas
sepantas nya di buka ABG Camp pramuka Padang
Ada
beberpa perkemahan pramuka yang membutuhkan tempat :
1 1. Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan Perkemahan Kamis Jumat (Perkajum)
Seperti namanya, persami dan perkajum yang berlangsung selama 2 hari 1
malam ini masuk dalam kelompok perkemahan berdasarkan waktu pelaksanaan. Jenis
perkemahan ini biasanya banyak digelar oleh anggota pramuka tingkat siaga
hingga penggalang, dalam satu sekolah. Kegiatan maupun acara yang disusun dalam
persami dan perkajum juga disesuaikan dengan tingkatan para anggota. Persami
dan Perkajum juga sering dilakukan untuk agenda pelantikan atau kenaikan tingkat
anggota dengan berbagai kegiatan yang menguji fisik dan mental para pesertanya.
Jenis perkemahan ini bisa dilakukan di dalam atau di luar lingkungan sekolah.
2.
Perkemahan Lomba
Perkemahan yang diikuti oleh anggota pramuka mulai dari tingkat penggalang
atau usia SMP keatas ini, terbagi berdasarkan tingkat penyelenggaraan yakni
tingkat gugus depan (antar sekolah), tingkat kwartir ranting (kecamatan),
kwartir cabang (kabupaten/kota), kwartir daerah (provinsi), hingga kwartir
nasional. Perkemahan lomba diisi oleh berbagai materi perlombaan seperti
ketangkasan, keterampilan, patriotisme, pengetahuan kepramukaan serta seni
budaya. Pada setiap kegiatan lomba akan diambil beberapa regu putera dan regu
puteri untuk diseleksi guna menyandang gelar juara 1, 2 dan 3 serta juara umum.
3 2. Perkemahan Jambore
Jambore adalah pertemuan Pramukan Penggalang dalam bentuk perkemahan besar
yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka mulai tingkat paling ranting
sampai tingkat nasional. Bahkan di dunia pun juga diselenggarakan kegiatan
serupa yang disebut Jambore Dunia (World Scout Jamboree). Sejak penyelenggaraan
pertama di Inggris pada tahun 1920 hingga sekarang, sudah berlangsung 23 kali
Jambore dunia.
Perkemahan Jambore Nasional
Perkemahan Jambore Nasional
Dari ketiga jenis perkemahan diatas, yang jumlah pesertanya sangat banyak adalah perkemahan lomba dan perkemahan jambore sehingga tempat penyelenggaraan perkemahan biasanya mengambil lokasi di Bumi Perkemahan, atau tempat wisata yang memiliki area luas. Sebagai lokasi yang memang diperuntukkan bagi kegiatan camping, bumi perkemahan sudah pasti memiliki sarana dan prasarana penunjang kegiatan. Ada juga tempat wisata yang menyediakan area perkemahan atau camping ground dengan fasilitas lengkap sehingga peserta tidak perlu direpotkan dengan memasak makanan dan minuman sendiri. ABG camp bisa memfasilitasi kegiatan perkemahan Pramuka baik Persami, Perkajum, Perkemahan Lomba dan Jambore. Para peserta dapat lebih fokus dengan seluruh kegiatan meski tetap bisa melatih kemandirian, disiplin, solidaritas dan interaksi dengan sesama serta lingkungan sekitar.
Cotoh Denah Lokasi Perkemahan Pramuka

Melalui kegiatan perkemahan, Pramuka
dapat menjadi organisasi kepemudaan untuk mencetak generasi yang cerdas,
terampil dan berkarakter. Sebab hanya kepada generasi muda lah negeri ini
menggantungkan harapan akan kemajuannya di masa depan. Ada dua kegiatan
yang sering di lakukan oleh sekolah, setiap akir semester, moment ini harus di tangkap oleh ABG Camp diantara nya:
1. HOME STAY
Home
stay sering di lakukan oleh kelompok kelas pergi jalan2 ke suatau daerah
mengnap 1 sampai 2 malam di tempat rekreasi, kegiatan ini bisa di fasilitasi
oleh ABG Camp karna semua kebutuhan yang di ingin kan siwa,siswi ini semua
sudah ada.
HOME STAY DARI LUAR KOTA PADANG


HOME STAY DARI LUAR KOTA PADANG
2. STUDY TOUR
Study
Tour sering di lakukan oleh kelompok sekolah ke perguruan tinggi sperti ke UNP,
Unand dan perguruan tinggi lain nya di Kota padang, selain kunjungan ke
Perguruan tinggi mereka sekalian jalan-jalan dan mneginap di suatu,tempat
peluang ini juga bisa di ambil ABG Camp, karna semua fasilitas sudah ada.
BUTUH PENGINAPAN DAN TEMPAT BERMAIN YANG NYAMAN

III. FASILITAS LAIN YANG BISA
DI KEMBANGKAN ABG CAMP
ABG CAMP sebagai tempat wisata Edukasi di alam terbuka
sebagai Program ekstrakurikuler pembelajaran yang menitik-beratkan pada praktek
dan pengalaman nyata. Pengalaman luas kami dalam menyelenggarakan camping
edukasi dan outbound camping mampu mendorong siswa-siswi untuk lebih baik lewat
kegiatan-kegiatan pengembangan karakterserta kerjasama tim. Banyak sekolah
untuk menggelar kegiatan-kegiatan Camping edukasi dengan menanamkan
pengembangan karakter dan kerjasama tim pada setiap kegiatan camping yang
disesuaikan dengan pesertanya.
Program yang sering di lakukan Sekolah Program Ekstrakurikuler diantara nya :
Program yang sering di lakukan Sekolah Program Ekstrakurikuler diantara nya :
1. Latihan Kepemimpinan LKDS
Adapun tujuan diadakannya LDKS ini adalah :
1. Meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan.
2. Meningkatkan kemampuan berorganisasi dan mampu menjadi pemimpin yang bertanggung jawab.
3. Meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugasnya.
4. Memberikan kesempatan belajar bagi peserta Latihan Dasar Kepemimpinan bagaimana menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan memiliki moral yang baik.
5. Mendorong, membimbing serta mengarahkan potensi kepemimpinan.
6. Memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun dan disiplin.
Istruktur dan peserta Latihan Kepemimpinan LKDS
2.
2. Kemping PramukaTingkat Sumbar
2. Kemping PramukaTingkat Sumbar
Kemah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMA melalui Kepramukaan (KEPAK) .
KEPAK diselenggarakan Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud bekerja sama dengan
Kwartir Daerah (Kwarda Sumbar) Para peserta KEPAK juga diajak untuk mengikuti
lima jenis permainan di ABG CAMP. Kelima permainan itu yakni Pancasila, Titian
Religi, Meraih Bintang, Roda Perjuangan, dan Segitia. Semua permainan tersebut
mengajarkan mereka tentang arti kebersamaan.
Camping Pramuka Tingkat SUMBAR
3 3. Camping Edukatif untuk sekolah
Apakah CAMPING EDUKATIF itu? Camping
Edukatif adalah camping yang dipakai untuk sarana pelatihan mental karakter
serta jiwa kepemimpinan. Seluruh kegiatan camping berdasarkan pada run down
yang sudah direncanakan untuk maksud pelatihan itu. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta didik
mempunyai prinsip hidup bahwa rutinitas hidup kita setiap hari adalah belajar
dan berkarya, untuk menyongsong hidup yang penuh manfaat.
BELAJAR BERKEBUN

BELAJAR BERKEBUN
PRAMUKA BELAJAR MEMASAK NASI GORENG
Metode pendidikan dengan mengombinasikan antara materi pelajaran dengan praktek nyata Metode Conceptual Teaching and Learning (CTL) atau pendekatan kontekstual yang diharapkan dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai keluarga serta masyarakat. Tujuannya adalah mempersiapkan proyeksi pendidikan abad 21 sebagai bekal bagi generasi di masa depan. Pendidikan alam terbuka dan pembelajaran yangmenitik-beratkan pada praktek dan pengalaman nyata seperti Outbond.
Kegiatan outbound merupakan proses belajar yang diperoleh melalui permainan
yang menstimulasi kegiatan petualangan dan kerja sama tim dalam lingkungan
alam. Ini merupakan kesempatan untuk melampaui batas-batas fisik, intelektual
dan emosional, sehingga dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk belajar
dan berperilaku lebih baik.
PERMAINAN PRAMUKA
4.
4. Pelatihan Membangun Kualitas SDM
4. Pelatihan Membangun Kualitas SDM
Pembentukan karakter melelalui wahana
petualangan keberanian dan fokus akan membentuk SDM berkualitas. Setiap peserta
dilengkapi dengan standar keamanan–full body harness, membuat setiap peserta
lebih aman dan nyaman, kegiatan ini sudah di laksanakan oleh ABG Waterpack untuk Guru-guru Penjas SMA/MA Kota Padang dan Mahasiswa UNP.
PESERTA OUTBOND EXEL GURU PENJAS SMA SE KOTA PADANG
Kegiatan outbound yang disesuaikan dengan kategori peserta Mulai dari
anak-anak sampai remaja pada semua tingkatan sekolah, dapat mengikuti banyak
pilihan kegiatan outbound yang disesuaikan. Pengalaman luas kami dalam
menggelar banyak kegiatan outbound akan membantu anda disetiap tahap acara,
jadi anda bisa lebih fokus pada hasil dan ikut bersenang-senang.
MATERI OUTBOND EXEL UNTUK SDM KREATIF
5 5. Pelatihan Pengelolaan sampah.
1. Memperkenalkan dan memberikan pelatihan
pengolahan sampah untuk pelestarian lingkungan hidup
FOTO PEGOLAHAN SAMPAH

Membangun kesadaran
Penanganan sampah
telah menjadi perhatian serius pemerintah sehingga perlu untuk mendorong
kesadaran masyarakat mengatasi berbagai permasalahannya. Seperti kondisi
darurat sampah plastik yang bisa mengancam lingkungan global.
PENGOLAHAN SAMPAH
Pengolahan kompos organik
Praktek pengolahan sampah
Program pengenalan dan pelatihan
pengolahan sampah serta pemanfaatan kembali dilakukan melalui beberapa tahapan.
Dengan fasilitas yang tersedia, sampah kertas, plastik atau sisa makanan diolah
kembali untuk diproses menjadi bahan baku sebuah karya seni atau pupuk organik.
6. Pelatihan Agro Wisata
Mengenal cara mengolah sawah serta
berbagai tanaman buah dan sayuran melalui kegiatan menyenangkan untuk anak-anak
dan remaja.
a. Pengenalan bibit padi
Padi merupakan jenis tanaman pangan yang mempunyai
peran penting sebagai tanaman pangan dunia. Padi sebagai penghasil beras ini
tergolong dalam jenis tanaman rumput-rumputan (Poaceae). Semakin meningkatnya
permintaan beras membuat begitu penting peran budidaya padi, terutama di
Indonesia.
b. Agro Apotek Hidup
Kami menyadari pentingnya agrokultur untuk kehidupan,
dan bagian dari dedikasi kami pada sektor ini adalah memastikan bahwa kegiatan
Pelatihan Agro Apotek Hidup di Citra Alam dapat diakses oleh para siswa.
c. Pengenalan tanaman herbal
Agro Sayur
Belajar dan mengenal proses menanam
sayuran mulai dari penggarapan lahan sampi dengan cara memanen yang baik dan
benar. Mengingat banyaknya jenis tamanan sayur mayur yang terdapat di Indonesia
dengan banyaknya kandungan gizi dan vitamin bagi kesehatan tubuh.
BELAJAR MENANAM PADI

BELAJAR MENANAM PADI
BELAJAR MENANAM SAYUR
67. Penyelenggaraan outbound perusahaan sudah ada Uotbond EXEL ABG.
Lewat kegiatan-kegiatan pengembangan karakter dan
kerjasama tim anda bisa menciptakan peluang unik untuk setiap personal disetiap
levelnya. Pengalaman 10 tahun dalam menggelar kegiatan outbound, outing, family
gathering, team building, camping untuk banyak organisasi perusahaan, umum dan
komunitas mampu mendorong organisasi anda untuk lebih baik.
a. Outbound Team Building
Bermacam permainan berkelompok yang dapat melatih
kemampuan menyusun strategi, kerjasama dan soliditas tim untuk mencapai tujuan.
Istruktur profesional dan berpengalaman akan memandu setiap permainan dengan
goal yang dinginkan
b. Outbound Leadership.
Simulasi permainan yang dirancang untuk memberikan
pelajaran bagaimana seorang individu sebagai pemimpin dalam mempengaruhi dan
mengarahkan serta memotivasi orang untuk mencapai tujuan.
Misi Kegiatan :
• Merencanakan pencapaian tujuan
• Membagi Tugas & Koordinasi
• Mampu memotivasi orang
AUTBOND EXEL MEMBANGUN MOTIVASI PENGEMBANGAN PERUSAHAAN

INSTRUKTUR Nara Sumber Internasional dari Singapore Shahril AJ Vidio Materi OUTBOND
8. Reunian
Reunin lagi tren
sekarang mulai dari Reuni SD, SMP, SMA, Perguruan tinggi, Pensiunan, Pengajian Komunitas dan lain-lain.
Untuk lebih jelasnya, berikut alasan yang bisa
dijadikan acuan agar reuni sehat, positif dan bermanfaat :
1. Menjalin kembali tali silaturrahim dan saling
bertukar informasi, karena kita sudah tidak pernah atau jarang ketemu lagi.
2. Mengenang masa lalu yang sehat dan positif, karena
ini terapi hati dan pikiran yang positif. Bisa terbebas dari sakit, makin
rileks dan bikin ketawa.
3. Mengembalikan eksistensi dan kembali belajar,
karena tiap orang punya eksistensi dan potensi dalam diri. Kita bisa belajar
dari teman, dari pertemanan yang sebegitu lama.
4. Memperpanjang usia, karena kita bisa mengurangi
stres atau depresi. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang
banyak dikelilingi teman dan saudara, kemungkinan meninggalnya berkurang 50
persen dibandingkan mereka yang tidak memiliki kehidupan sosial.
5. Bekerjasama untuk amal, karena menjadi tujuan yang
sangat positif dari pertemanan. Amal dan berbuat untuk sesama inilah tujuan
utama reuni atau..
REUNIAN SMA

REUNIAN SMA
6 9. Family Gathering
1.Melakukan banyak kesenangan bersama
2. Family Gathering dan outing kantor dengan aktifitas
yang mempererat keluarga dan karyawan serta banyak permainan yang menyenangkan
untuk perdalam hubungan menjadi pengalaman yang seru.
3. Momen Bersama
Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, salah satu fokus
utamanya adalah untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan karyawan dan
keluarga, melakukan banyak kesenangan bersama dimana banyak orang bisa
berpartisipasi secara bersamaan untuk menyegarkan pikiran, emosi dan membangun
hubungan.
4. Membangun Semangat Kerja
Melalui program family gathering ini dapat membangun
kembali semangat bekerja para karyawan setelah melakukan kegiatan rangkaian
aktivitas gathering. Hal ini sudah terbukti, bahwa karyawan yang setelah
melakukan kegiatan gathering efektivitas kinerjanya akan membaik.
FAMILY GATERING PERUSAHAAN

FAMILY GATERING PERUSAHAAN
10. Kegiatan Rohani
1. Macam kegiatan rohani
2. Menggelar kegiatan rohani di alam terbuka bisa
menjadi sarana yang tepat untuk mendekatkan diri pada Tuhan.
ABG Camp memfasilitasi berbagai kegiatan
rohani seperti : Kemah Nasional lintas Agama, Kemah Religi,Kemah rohani, dan
lain-lain dengan fasilitas memadai disetiap kegiatannya.
KEMAH PEMUDA LINTAS AGAMA
KEMAH SALING MENGENAL SATU SAMA LAIN
Jenis kegiatan
Pilih dari banyak
kegiatan di ABG Camp atau rancang acara anda sendiri, dukungan tim profesional
akan membantu agar acara anda berjalan sukses.
Aula & soundsystem
Gunakan Aula Besar
kami untuk apapun kegiatan anda lengkap dengan dukungan audio soundsystem,
proyektor, lighting, dan banyak lagi peralatan dan perlengkapan untuk mendukung
kegiatan anda.
8 11. Program Manasik Haji
Memahami setiap tahapan ibadah haji lewat pelatihan
manasik untuk pelajar dan umum. Tata cara Manasik Haji Program manasik haji
hadir sebagai sarana bagi setiap muslim baik yang telah menjadi calon jemaah
haji atau pun yang belum agar dapat memahami prosesi ritual, hakekat dan makna
mendalam dari ibadah haji. Para peserta yang mengikuti wisata religi ini akan
mengetahui lebih dalam tetang tata cara ibadah haji, tata cara ibadah umroh
serta me
PERKENALAN LATIHAN MANASIK HAJI UNTUK ANAK SEKOLAH

MANASIK HAJI UNTUK UMUM

PERKENALAN LATIHAN MANASIK HAJI UNTUK ANAK SEKOLAH
MANASIK HAJI UNTUK UMUM
9 12. Workshop kebangsaan
Sebagai bentuk kecintaan kita terhadap bangsa
Indonesia, ABG Camp memperkenalkan tentang Workshop Kebangsaan adalah program
Nation Character Building berbasis sejarah kejadian Indoesia, melalui Workshop Kebangsaan
para peserta mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, Universitas, Perusahaan,
Komunitas, Majelis taklim, Sekolah dan Umum.
Tujuan Workshop Kebangsaan
Hal ini dilakukan agar
kita sebagai para penerus bangsa lebih memahami tentang sejarah berdirinya negara
Indonesia, ini lah salah satu bentuk realisasi mencintai tanah air dan
memotivasi para penerus bangsa untuk membangun bangsa Indonesia lebih maju dan
menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan sehingga kemakmuran dapat dicapai dan
penerus bangsa lebih menghargai arti kemerdekaan bangsa ini secara utuh dan
menghargai jasa-jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.
PESERTA WORSHOP KEBANGSAAN

PELAKSANAAN WORKSHOP KEBANGSAAN

Durasi penyampaian
Workshop Kebangsaan
dengan durasi 120 menit ini disampaikan oleh 2 orang pemateri. Acara ini sarat
dengan pelajaran dan nilai-nilai yang dikemas secara menyenangkan dengan
selingan lagu-lagu kebangsaan yang dibawakan oleh Team Seni dan juga disertai
video-video singkat yang memudahkan pemahaman peserta.
IV. PEMBAHASAN MASALAH
1.
Di bangun ABG Camp , tempat kemping
pramuka, lengkap dengan kebutuhan kemping Pramuka terutama nyaman, aman,
bersih di bangun sekitaran di
lokasi ABG Waterpark Lubuk Minturun,
lokasi sangat strategis.
2.
Di bangun ruang pertemuan yang bisa di
maanfaatkan untuk pertemuan, seminar dll
3.
Di bangun fasiltas untuk Outbond dan
kegiatan permainan, perlatan bermain anak-anak.
4.
Promosi / Pemasaran harus ada team yang solit,
berkembang dan maju nya suatu usaha sangat tergantung pada team promosi dan
pemasaran, biaya pemasaran/ promosi suatu perusahaan 35 persen dari modal
usaha, dengan pemasaran/ promosi yang
genjar maka suatu usaha itu cepat berkembang, maju dan berhasil.
Beberapa hal yang harus di lakukan olah
team promosi / pemasaran suatu perusahaan :
1. Bangun interaksi bermakna dengan pelanggan
Media sosial (medsos) tidak diragukan lagi menjadi senjata yang sangat
strategis untuk kampanye pemasaran digital. Platform berbasis visual seperti
Instagram, Line, Facebook, Twiter, Whatshap, Telegram, Google Bisnis, Website,
Blog bisa menjadi inspirasi bagi para pengguna untuk menentukan tujuan Kemping,
berlibur , pertemuan dan acara seremonial lainya, di Indonesia sendiri
penetrasi ke medsos per Januari 2019 mencapai 150 juta pengguna aktif. Ini
adalah prospek menjanjikan bagi kalangan bisnis yang memiliki core bisnis di
dunia digital. Karena itu, sangat penting bagi ABG Camp untuk menjadikan medsos
sebagai salah satu saluran utama pemasaran.
Untuk membangun sebuah interaksi yang berarti dengan pengguna medsos, ada
banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Misalnya dengan bertanya dan polling
melalui IG Stories atau merespon pertanyaan pengguna dengan bahasa yang
fleksibel. Bisa juga dengan menawarkan konten atau rekomendasi khusus mengenai
tempat-tempat, Kemping, Rekreasi, menginap yang sedang menawarkan promo.
Merespons satu per satu pertanyaan pengguna tugas pemasaran yang sangat
penting. Namun, dari sisi pengguna, pendekatan seperti ini adalah sesuatu yang
membuat mereka merasa dihargai secara khusus. Terlebih lagi jika mereka sedang
berada dalam kebingungan dalam memilih tujuan
kemping, menginap dan berlibur.
Setiap interaksi
adalah peluang untuk menjadikan visitor (pengunjung) menjadi customer
(pelanggan). Jika mereka dilayani selayaknya tamu yang dirindukan, perlakuan
seperti inilah yang bisa membuat pelanggan menjadi loyal.
2. Micro-Moment
Seseorang tidak tiba-tiba saja memutuskan berlibur ke suatu tempat,
kemping, berlibur, wisata. Biasanya, dia akan menghabiskan waktu dan kuotanya
untuk riset terlebih dahulu. Mulai dari mencari referensi tempat kemping,
menginap seperti hotel atau komparasi harga yang sesuai dengan anggaran yang
direncanakan nyakemping, menginap dan
berliburnya. Menyadari tahapan-tahapan ini bisa sangat berguna untuk
strategi pemasaran. Google merinci tahapan-tahapan yang disebut dengan
micro-moments ini ke dalam empat bagian:
a. Membayangkan
(dreaming)
Ini adalah tahapan ketika seseorang membayangkan tempat-tempat indah,
menarik, nyaman, aman yang ingin dikunjungi. Namun, dia belum memiliki tujuan
spesifik. Biasanya orang-orang yang masih ada dalam tahapan ini akan sangat
terbuka dengan semua kemungkinan dan membutuhkan inspirasi, kemping, menginap
berliburnya.
b. Merencanakan (planning)
Setelah menemukan
destinasi, tempat kemping, berlibur dan wisata, hal selanjutnya adalah
merencanakan berbagai kebutuhan. Mulai dari jarak tempuh, jarak dari kota,
transportasi, penginapan hotel, tanggal keberangkatan dan kepulangan yang
tepat, promo tiket, hingga rangkaian kegiatan yang bisa dilakukan selama berlibur.
c. Memesan (booking)
Jika semua perencanaan
sudah matang, langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah memesan. Di
tahapan ini orang-orang yang ingin, kemping, wisata, acara kelompok reunian,
berlibur, pada dasarnya sudah menjadi konsumen kita. Sudah ada aktivitas
transaksi di sini.
d. Merasakan (experiencing)
Ini adalah tahapan ketika, pemesan tempat kemping, berlibur atau wisatawan
merasakan langsung apa yang sebelumnya dia bayangkan lalu membagikan
pengalamannya ke medsos. Terkadang, bisa saja mereka melakukan
aktivitas-aktivitas di luar yang telah direncanakan. Namun, poin terpenting di
sini adalah, bila pengalaman yang didapatkan sangat berkesan, mereka bisa
kembali lagi untuk melakukan transaksi berikutnya. Marketers mesti jeli dalam
memanfaatkan setiap tahapan-tahapan micro-moments tersebut.
Karena para calon pemesan tempat kemping, berlibur atau wisatawan membutuhkan referensi yang relevan
untuk membuat impian berlibur mereka menjadi konkret.
Misalnya pada tahapan
“membayangkan”. Biasanya di tahapan ini para calon pemesan tempat kemping,
berlibur atau wisatawan akan mencari-cari inspirasi dengan mengunjungi berbagai
situs jasa pelayanan kemping atau situs travel wisata. Dengan menggunakan
perangkat analitik, perilaku ‘mencari inspirasi’ seperti ini tentu bisa dengan
mudah teridentifikasi.
Selanjutnya, bila para calon pemesan tempat kemping, berlibur atau wisatawan ini adalah member layanan Kita atau
memutuskan bergabung untuk menerima newsletter, buatlah newletter rutin.
Newsletter ini bisa berisi panduan berlibur yang di dalamnya mencakup berbagai
informasi mulai dari faslitas kemping, penginapan, hotel, restoran, tempat bersantai dan fasiltas
penunjang lain nya, yang semuanya terintegrasi dengan aplikasi Web ABG Camp.
Dalam bahasa populer, cara seperti ini adalah tentang bagaimana menarget
pengguna yang tepat di waktu yang tepat.
3. Mengetahui waktu dan perangkat yang digunakan
Ide untuk kemping, home stay, study tour, wisata religi, reunian berlibur, pelatihan karyawan dan kegiatan lain nya bisa datang kapan saja dan di mana
saja. Bisa saja ide itu datang ketika seseorang berada di perjalanan pulang,
kafe, rumah, atau ketika sedang di tengah padatnya aktivitas kerja. Tentu di
setiap waktu dan tempat itu perangkat yang digunakan bisa berbeda. Contohnya,
ketika di perjalanan orang-orang akan lebih memilih smartphone untuk browsing
ketimbang repot-repot mengeluarkan laptop dari dalam tasnya.
Jika mengacu ke fase-fase micro-moments di atas, ada momen-momen di mana
seseorang hanya mengumpulkan referensi kemping, wisata religi, reunian berlibur. Biasanya ini lebih fleksibel. Bisa
dilakukan di kondisi yang dinamis seperti di perjalanan, hang out, break kerja,
dan sangat memungkingkan dilakukan dengan menggunakan smartphone atau tablet.
Namun, ketika masuk fase order atau memesan kebutuhan berlibur, biasanya
dibutuhkan waktu yang lebih settle seperti di rumah dan menggunakan perangkat
yang mampu memberi tampilan lebih jelas seperti Komputer laptop.
Ketika Kita memahami perilaku pengguna dengan perangkatnya, maka Anda akan
mengetahui strategi dan konten apa yang paling tepat untuk setiap fase yang
mereka lalui. Misalnya, konten yang dibuat untuk menarik pengunjung pada fase
dreaming dan planning bisa sangat efektif jika dimaksimalkan untuk pengguna
smartphone. Sementara itu penawaran spesial seperti promo dan diskon bisa lebih
menarik ketika, lansung di surati atau lansung mengunjungi, ekolah, kantor,
instansi, kelompok masyarakat, kelompok alumni, dan reunian, pertemuan lansung
ini akan lebih meyakinkan kan konsumen, tentang apa yang kiat tawarkan kepada
mereka.
4. Video Youtube ˚
Saat ini teknologi bisa memungkinkan seseorang mengalami sensasi
‘berwisata’ bahkan sebelum dirinya benar-benar mengunjungi tempat wisata yang
ingin dituju. Berbagai terobosan digital dalam bentuk visual interaktif bisa
dimanfaatkan untuk menarik para calon wisatawan. Misalnya dengan video
berkualitas HD yang memungkinkan seseorang menikmati sensasi melihat tempat
wisata yang ingin dituju, bahkan hingga ke kamar hotel yang nyaman.
Ini tentu jauh lebih menarik dan memberikan pengalaman yang menggugah
ketimbang hanya melihat foto statis sekalipun ditampilkan dalam jumlah banyak.
ABG Camp, membuat
vidio, semua fasitas yang ditawarkan ke konsumen kemping, wisata,seminar, acara
reunian dan vidio di opload ke Youtube. Setiap konsumen pemesan semua kegiatan
mereka atas izin mereka acara nya di vidiokan, ini sebagai referensi bagi
mereka dan promosi gratis bagi ABG Camp.
Membuat video seperti ini memang membutuhkan biaya produksi, ini semua di
masukkan ke biaya promosi perusahaan. Namun, investasinya tidak hanya berputar
pada pertimbangan profit, namun juga prestise.
V. PENUTUP
KESIMPULAN
Untuk mencapai tujuan utama dari ABG Camp adalah pengunjung banyak dan akan
kembali lagi ke ABG Camp melakukan kegiatan, ini di butuh kan team Promosi yang
solit, ahli di bidang promosi, berpengalaman di bidang Marketing, mempunayai
semangat pantang menyerah, mempunayi ide-ide cemerlang, penampilan yang
meyakinkan. Untuk mencai itu semua sesuai aturan perusahaan biaya pemasaran /
promosi suatu perusahaan, adalah 35 persen dari biaya modal usaha, biaya
pemasaran dan promosi ini di oke kan oleh Pimpinan atau Manager ABG Waterpark
kami yakin bahwa usaha ini kan maju dan bekembang pesat. Penulis mempunyai team
pemasaran dan promosi, tidak perlu biaya promosi 35 persen dari modal usaha
tidak perlu di gaji tetap cukup di beri fee 35 persen dari jumlah total biaya
yang di bayar oleh konsumen yang kami rekomendasikan memakai fasilitas ABG
Waterpark dan ABG Camp, sesuai aturan perusahaan maka ABG Waterpark dan ABG
Camp. Contoh transaksi yang terjadi misal nya total Rp.1000.000,- biaya promosi di keluarkan Rp
350.000,-,biaya promosi yangdi dapat oleh team pemasaran dan promosi hanya
biaya promosi yang di rekomendasikan saja sesuai laporan pemasaran dan promosi
setiap bulan.
Biaya pemasaran dan promosi ini sudah mencakup pemasaran dan promosi
kesemua media sosial, surat-menyurat mendatangi konsumen lansung ke sekolah, ke
perguruan tinggi, ke kantor-kantor swasta, pemerintah, travel agen, organiassi
masa, organisai agama, organisasi pemuda, reunian, menyurati semua guru
oalahraga yang berada luar kota Padang, luar Sumbar, bahkan luar pulau sumatera
dan lain-lain. Biaya pemasaran dan promosi ini permanen di dapat oleh team
promosi, apabila pelanggan yang sama memboking lagi tempat untuk masa berikut
nya, team pemasaran dan promosi tetap mendapat baiaya promosi dari ABG
Waterpark sesuai perjanjian kerjasama, perjanjian ini sifatnya permanen selama
ABG Waterpark dan ABG camp eksis. Team pemasan dan promosi akan melaporkan
setiap bulan ke pada Manager ABG Waterpark, kemana saja kegiatan promosi
dilakukan setiap bulan nya.Team promosi akan bekerja apabila perjanjian kerja
sama ini di sepakati antara ABG Waterpark dengan Team Promosi.
SARAN-SARAN
Segera di bangun ABG Camp untuk kemping Pramuka di area ABG Waterpark, Padang dengan ada nya ABG Camp yang
permanen fasiltas lengkap, banyak peserta kemping yang datang dari dalam kota Padang
maupun luar kota Padang , yang dari Kota Padang maupun luar kota padang pasti
orang tua peserta kegiatan, mereka akan
datang melihat anak mereka, melakukan kegiatan di ABG Waterpark atau ABG Camp,
mereka pasti melihat fasiltas lengkap, strategis, nyaman, mereka pasti beminat
menginap di lokasi ABG Waterpark, pulang
ke daerah nya nanti mereka akan bercerita dikantor atau daerah nya mereka
tinggal, ini merupakan promosi gratis bagi ABG Waterpark, puas nya mereka
dengan fasitas yang ada di ABG Waterpark mereka akan kembalai ke ABG Waterpark melakukan kegiatan membawa keluarga, murid, teman kantor mereka. Akir nya semua fasilitas yang ada di ABG Waterpark , seperti Kolam renang,
Penginapan, Tempat pelatihan Motivasi, dan
tempat bermain lainya ramai di kunjungi dan di minati Konsumen. Banyak nya
peserta kemping dan orang tua datang ke lokasi ABG Waterpark dan ABG Camp keuntungan
sudah pasti di raih.
Demikaian Makalah ini saya sampaikan kepada Pimpinan dan Manager ABG Waterpark, semoga
apa yang saya sampaikan ini bisa menjadi salah satu referensi untuk kemajuan
ABG Waterpark, dan kita bisa melakukan kerjasama dalam hal pemasaran dan
promosi, ABG Waterpark dan ABG Camp.
Mohon maaf Kami sampaikan kepada Pimpinan dan Manager ABG Waterpark Padang, temana-teman dan pembaca makalah ini salah dan janggal nya isi makalah yang Kami sampaikan.
Mohon maaf Kami sampaikan kepada Pimpinan dan Manager ABG Waterpark Padang, temana-teman dan pembaca makalah ini salah dan janggal nya isi makalah yang Kami sampaikan.
Wassalam Saya
DRS. YANSURDIN
Penulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar